Makassar (ANTARA News) - Agen tunggal pemegang merk Hino di Indonesia PT
Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menargetkan total penjualan secara
nasional dapat mencapai 35 ribu unit pada 2012.
Sales and
Promotion Director PT HMSI Santiko Wardoyo di Makassar, Rabu,
menjelaskan, pada 2011, pihaknya berhasil mencapai angka penjualan
nasional sebanyak 25.400 unit dan menguasai pangsa pasar kendaraan niaga
sebesar 55,8 persen.
Menurutnya, pangsa pasar Hino sejak
2002, terutama pada tiga tahun terakhir berada pada angka rata-rata 59
hingga 60 persen. Prosentase pangsa pasar pada periode Januari hingga
Mei 2012, juga telah berada pada angka 53,52 persen.
Secara nasional Hino memiliki 117 sales outlet, 1.539 toko suku cadang
dan 148 "authorized workshop" termasuk 3S (sales, service and spare
part). Sementara di wilayah Makassar, Sulawesi Selatan layanan 3S dan
jaringan suku cadang telah mencapai enam outlet.
Dari
total angka penjualan nasional tersebut, angka penjualan di wilayah
Sulawesi Selatan dan Barat, melalui PT Kumala Motor Sejahtera (KMS)
sebagai diler HMSI di Makassar, berkontribusi sebesar empat persen atau
sebanyak 955 unit dari target sebanyak 855 unit. Pada 2012, ditargetkan
penjualan di wilayah Sulawesi Selatan dan Barat dapat mencapai 1.200
unit.
Komisaris PT KMS Erwin Tandiawan, mengatakan,
pihaknya saat ini didukung oleh jaringan penjualan, pelayanan dan suku
cadang di Kota Makassar dan Mamuju dan berencana memperluas jaringan di
Kota Palopo, Kendari dan Kolaka pada 2013.
"Berkembangnya
bisnis pertambangan, perkebunan, pertanian, transportasi dan ekspedisi
di Sulawesi Selatan adalah pasar potensial," kata Erwin.
Terkait pertumbuhan permintaan pasar yang terus mengalami peningkatan,
President Director PT HMSI Toshiro Mizutani, menambahkan, pada tahun ini
pihaknya akan menanamkan investasi senilai 125 juta dolar Amerika untuk
melakukan peningkatan kapasitas produksi sebanyak 50 ribu unit per
tahun, dari kapasitas produksi saat ini sebanyak 35 ribu unit per tahun.
Peningkatan kapasitas produksi ini tidak hanya untuk melayani
pasar di Indonesia tapi juga beberapa negara tetangga seperti Malaysia
dan Thailand.
Sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggannya di
Makassar, PT HMSI dan PT KMS menggelar "Hino Night" dengan mengundang
265 pelanggan setianya. "Acara ini bertujuan untuk mempererat hubungan
baik antara konsumen, diler dan HMSI serta memberikan penghargaan kepada
pelanggan di Makassar, Sulawesi Selatan yang telah mempercayakan
kendaraan niaga kepada Hino," kata Toshiro. (T.KR-RY/S006)
Sumber : http://makassar.antaranews.com/berita/39940/hino-targetkan-penjualan-35-ribu-unit-pada-2012
0 komentar:
Posting Komentar